Search

Inovasi Masa Pandemi: Spin Productions Hadirkan Festival Kreasi

Masa pandemi ini memberikan dampak bagi berbagai kalangan. Tidak sedikit pula masyarakat yang merasa kesulitan hingga kehilangan orientasi akibat pandemi ini. Melihat keadaan ini, Spin Productions hadir dengan suatu inovasi baru, yaitu Festival Kreasi. Festival Kreasi merupakan serangkaian webinars dan workshop online seputar industri perfilman dan dunia digital yang diadakan guna menyediakan wadah bagi masyarakat untuk mempelajari hal baru. Acara yang berlangsung sejak 9 Agustus 2020 hingga 6 September 2020 ini terdiri dari beberapa webinar yang dibawakan oleh pembicara yang ahli di bidangnya, seperti Gritte Agatha, Putri Ayudya, George Arif, Rosdiana Setyaningrum, dan banyak lagi.


Acara ini diawali oleh Jumpa Kreasi pada tanggal 9 Agustus 2020 yang menjadi wadah bagi para peserta untuk berkenalan dengan para pembicara yang secara eksklusif akan mengisi kelas-kelas mendatang.


Kelas pertama pada Festival Kreasi “Akting untuk Film” dibawakan oleh aktris cantik Putri Ayudya. Pada kesempatan ini, Putri membagikan pengalamannya dalam dunia seni peran dan presenter, mulai dari proses casting yang pernah ia lalui, hal-hal wajib yang diperlukan untuk menjadi seorang aktor, dan bagaimana cara membangun karakter hingga menyampaikannya di depan kamera. 


Kelas ke dua yang diadakan pada 27 Agustus 2020 membahas “Musik & Sound Effect untuk Iklan dan Web Series”. Di sini, Haris Pranowo yang merupakan seorang music composer akan mengupas tuntas hal-hal yang berkaitan dengan proses music composing, workflow yang terjadi, dan bagaimana cara memperkuat mood atau suasana tertentu menggunakan elemen-elemen musik.


28 Agustus 2020, kelas ketiga “Directing Masterclass” dibawakan oleh George Arif. George mengupas tuntas hal-hal yang berkaitan dengan penyutradaraan, mulai dari tahapannya sejak pra hingga pasca produksi, cara menginterpretasikan brief, serta peran seorang sutradara dalam tiap tahapan produksi.


“Festival UKM” pun hadir di 29 Agustus 2020. Kelas ini membahas 4 topik yang dibutuhkan untuk membangun UKM. Dimulai dengan topik terkait pembuatan konten seperti “Foto Menggunakan Handphone” yang dibawakan oleh Retha Tahir, seorang digital marketer yang memiliki hobi fotografi, serta “Video Menggunakan Handphone” bersama George Arif. Setelah itu dilanjutkan juga dengan topik yang tidak kalah penting, yaitu “Brand Personality” oleh Rosdiana Setyaningrum dan “Branding & Marketing” oleh Dahlia Sardjono.


Youtube berhasil menjadi salah satu platform yang digemari oleh masyarakat di era digital ini. Oleh karena itu, pada kelas ke lima ini “Festival Youtuber”, Gritte Agatha membahas langsung kehidupan sebagai seorang Youtuber. Ia membagikan pengalamannya dan memberikan tips penting tentang apa yang diperlukan untuk menjadi Youtuber. Di kelas ini, ia juga ditemani oleh Sari Nila dan Rosdiana Setyaningrum yang membahas topik menarik lainnya, yaitu style dan karakter.


“Producing Masterclass” sebagai kelas ke enam menghadirkan Rika Hindraruminggar mengupas tuntas semua hal yang berkaitan dengan produksi film, baik dari pra produksi, produksi, pasca produksi, hingga pendistribusian film. Apa yang perlu diperhatikan di departemen produksi, hingga latihan membuat breakdown.


Kelas ke tujuh diadakan pada 3 September 2020 dan membahas “Camera Operation”. Sesuai dengan judulnya, George Arif membahas seputar camera operation, mulai dari jenis-jenis shot, how to do shot breakdown, dan menginterpretasikan naskah, dan tentunya etika bekerja dengan sutradara.


Rangkaian acara ini ditutup pada tanggal 6 September 2020 dengan topik “Becoming Good Movie Audience”. Kelas penutup ini dibawakan oleh Surjorimba Suroto, seorang pecinta sinema sekaligus pendiri Komunitas Tintin Indonesia. Beliau membahas bagaimana cara dan etika untuk menjadi seorang audiens yang baik, sehingga dapat mendukung perkembangan industri perfilman, khususnya perfilman Indonesia. 


Festival Kreasi menerima respon positif dan antusiasme dari kita semua. Lebih dari 80 peserta berpartisipasi dalam Festival ini, belajar dan berbagi ilmu satu sama lain. Gayung bersambut rupanya. Ke depannya, Spin Productions berharap dapat terus mengadakan Festival Kreasi lainnya, dengan mengangkat tema-tema baru dan mengundang pembicara lainnya yang expert di bidangnya dan seru pastinya. Sampai ketemu di Festival Kreasi berikutnya!



stay updated

© 2020 Spin Productions.

  • Grey Instagram Icon
  • Grey YouTube Icon
  • Grey Facebook Icon
  • Grey Twitter Icon