Search

Untitled

5 Hal yang Perlu Dikembangkan untuk Menjadi Pemimpin yang Berpengaruh



Menjadi pemimpin yang baik gak berhubungan dengan status atau otoritas seseorang. Pemimpin harus mampu memengaruhi orang-orang di sekitarnya agar bisa mencapai tujuan bersama dan mengubah dunia menjadi lebih baik.

Dalam acara sesi Leadership in Action Festival Kreasi, Kamis (10/12/12), Leadership Coach, Sarilani Wirawan memberikan pemaparan mengenai apa yang perlu dikembangkan untuk menjadi pemimpin yang berpengaruh. Kira-kira apa saja ya?


1. Sadari kita punya kemampuan untuk memengaruhi orang lain


Untuk menjadi seorang pemimpin yang berpengaruh, pertama kita tentu perlu menyadari kekuatan kita sendiri. Sadari bahwa kita punya kemampuan yang cukup untuk memengaruhi orang lain agar bisa menjadi lebih baik

"Kita semua punya kemampuan untuk memengaruhi orang di sekitar kita. Cari tahu area mana yang menjadi kekuatanmu," ungkap Sarilani.

2. Kehadiran penuh sebagai pemimpin (Presence)


Presence atau kehadiran menjadi hal selanjutnya yang perlu dikembangkan. Ketika kita bisa hadir seutuhnya kepada tim, maka kita mampu terkoneksi kepada orang di sekitar kita dengan utuh. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengambil jeda saat kita belum mampu hadir seutuhnya dalam tim.

"Ketika teman-teman terlatih untuk melakukan pause, teman-teman memberikan jarak antara diri teman-teman dengan badai yang sedang dihadapi. Sehingga teman-teman bisa menyadari pilihan opsi untuk menghadapi badai itu," ungkapnya.

3. Mampu menghubungkan kekuatan dan keunikan tim (koneksi)


Menjadi seorang pemimpin berarti kita berhadapan dengan berbagai kekuatan, keunikan, dan tentunya kelemahan berbagai orang. Oleh karena itu, sangat penting bagi pemimpin untuk mengembangkan kemampuan dalam menghubungkan kekuatan dan keunikan tim.

"Untuk memperkuat efektivitas kita sebagai leader, mari cek dalam diri kita. Apa hal-hal apa yang berpeluang dikoneksikan? Cara apa yang bisa dicoba? Langkah apa yang bisa kita lakukan?," ungkap Sarilani.

4. Kemampuan merespon situasi


Gak jarang pemimpin menghadapi tantangan dalam tugasnya, yang muncul karena perbedaan persepsi. Sebagai pemimpin, kita perlu memberi respon cepat akan perbedaan persepsi ini dan mampu menyatukannya sebagai kekuatan.

"Saat bekerja dengan tim, perlu menyadari bahwa ada perbedaan persepsi. Gak perlu berusaha menyamakan persepsi, karena itu buang energi. Situasinya kan sama, nah dari perbedaan persepsi ini apa kekuatannya?" lanjutnya.

5. Berkembang melalui ketidakpastian


Di tengah perkembangan dunia yang begitu cepat, segala hal menjadi penuh ketidakpastian. Meskipun begitu, pemimpin yang baik justru bisa berkembang akan ketidakpastian itu.

Pemimpin harus bisa beradaptasi dan terus belajar untuk menghadapi situasi yang tidak diketahui. Jangan terlalu lama berpikir, karena nanti ide yang sudah kamu rancang bisa terlanjur dilakukan orang lain.

""Trial and error bisa menjadi kekuatan super dalam menghadapi ketidakpastian ini. Tidak perlu terlalu banyak berpikir, namun langsung diuji. Kalaupun ternyata gagal, perbaiki dan coba lagi," tutupnya.

Itu tadi 5 hal yang perlu dikembangkan untuk menjadi seorang pemimpin yang berpengaruh. Semoga kamu bisa menjadi salah satunya!


Dimuat ulang dari: https://www.idntimes.com/life/career/klara-livia-1/hal-yang-perlu-dikembangkan-untuk-menjadi-pemimpin-yang-berpengaruh/5

0 comments

Recent Posts

See All